Cara Ganti Nama Pada Akun PayPal Personal/Premier

in PayPal/Tutorial by

PayPal mengijinkan kita untuk mengganti nama di akun personal kita.

Namun perlu kita ketahui adalah bahwa kita tidak bisa ganti nama dengan nama orang lain.

Kita hanya diperkenankan melakukan perubahan kecil pada nama di akun PayPal kita.

Salah satu penyebab perlunya mengubah nama pada akun PayPal adalah ketidaksesuaian nama PayPal dengan nama bank lokal di Indonesia.

We can help you change the name on your account if it’s misspelled or if you’ve legally changed your name. However, it is not possible to change the name on your account to another person’s name.

Seperti yang kita ketahui, untuk melakukan tarik tunai (withdraw) ke bank lokal, nama pada akun PayPal harus sama persis dengan nama pada rekening bank. Tidak boleh ada perbedaan satu huruf pun ๐Ÿ˜‰

Nah, mungkin awalnya kita gak peduli dengan nama pada PayPal. Toh kita bisa verifikasi dengan VCC yang notabene bisa menggunakan nama siapa saja ๐Ÿ˜‰

Atau mungkin kita mengalami kesulitan mengisikan nama depan dan nama belakang karena kita hanya memiliki satu nama tunggal.

Bisa juga ada perubahan nama yang memang dirasa perlu ๐Ÿ™‚

Berikut adalah langkah-langkah mengganti nama pada akun PayPal personal/premier

  1. Buka http://www.paypal.com dan masuk ke akun PayPal.
    ganti nama paypal
  2. Pilih menu “Contact us” pada menu mendatar di bagian bawah.
    ganti nama contact us
  3. Pilih “help by email” dan pilih “Contact Customer Service”.
    ganti nama email
  4. Silakan pilih “my account” sebagai topic dan “name change” sebagai subtopik.
  5. Ketikkan “Name Change” dalam “Summarize your question in one sentence”.
    ganti nama question
  6. Tekan “continue”.
  7. Tekan “How do I change the name on my Personal/Premier PayPal account?”.
    ganti nama personal
  8. Tekan “secure form”.
    ganti nama secureform
  9. Pilih type perubahan nama yang pertama.
    ganti nama legal
  10. Silakan mengikuti instruksi untuk meng-upload file atau mendapatkan halaman depan untuk fax.
    ganti nama dokumen

Dokumen yang bisa digunakan untuk verifikasi adalah dokumen identitas dengan foto yang sah, antara lain:

  • SIM,
  • Passport,
  • kartu identitas dari pemerintah yang sah, atau
  • salinan dokumen yang menyatakan perubahan nama yang sah.

Selanjutnya Tim PayPal akan mengubah nama pada akun personal/premier dalam waktu 2-3 hari kerja.

Semoga bermanfaat…

103 Comments

  1. tq bgt mas Supri…bener2 info yg berharga…omong2 ebook clickbank nya pembyrannya pake kredit card aja ya? aman kan mas…he2, pertanyaan yg aneh y?..tq mas Supri.

  2. tq bgt mas Supri…bener2 info yg berharga…omong2 ebook clickbank nya pembyrannya pake kredit card aja ya? aman kan mas…he2, pertanyaan yg aneh y?..tq mas Supri.

  3. tempat iklan: Sama-sama

    sigid: Coba ikutin langkah-langkah di atas. Jangan lupa sertakan ijasah yang menyebutkan gelar ๐Ÿ™‚

    Sutiyoso: sama-sama

    ayahshiva: Halo mas. Lama gak mampir =) Harusnya bisa asal namanya gak beda-beda banget =)

    cahyo: Iya saya pake CC dan pemrosesnya menggunakan PayPal. Saya pake metode ini untuk keperluan affiliasi (komisi 100%). Saya sudah gunakan PayPallebih dari 2 tahun, sejauh ini aman. Tapi tetep hati2 dan jangan lengah =)

  4. tempat iklan: Sama-sama

    sigid: Coba ikutin langkah-langkah di atas. Jangan lupa sertakan ijasah yang menyebutkan gelar ๐Ÿ™‚

    Sutiyoso: sama-sama

    ayahshiva: Halo mas. Lama gak mampir =) Harusnya bisa asal namanya gak beda-beda banget =)

    cahyo: Iya saya pake CC dan pemrosesnya menggunakan PayPal. Saya pake metode ini untuk keperluan affiliasi (komisi 100%). Saya sudah gunakan PayPallebih dari 2 tahun, sejauh ini aman. Tapi tetep hati2 dan jangan lengah =)

  5. sy udah pake paypal setahun lalu namun belum pernah withdraw,nama saya cuma satu kata,pd waktu daftar saya isi sama utk lastname dan firstname,perlu di ganti nggak?ato otomatis dianggap satu kata..

  6. sy udah pake paypal setahun lalu namun belum pernah withdraw,nama saya cuma satu kata,pd waktu daftar saya isi sama utk lastname dan firstname,perlu di ganti nggak?ato otomatis dianggap satu kata..

  7. Mas, kalo saya ganti nomor kartu kredit gmn langkahnya ya? berhubung kemarin kartu kredit saya di ganti oleh penerbitnya.. jadi nomornya berubah. Mohon infonya, thanks..

  8. Mas, kalo saya ganti nomor kartu kredit gmn langkahnya ya? berhubung kemarin kartu kredit saya di ganti oleh penerbitnya.. jadi nomornya berubah. Mohon infonya, thanks..

  9. kakzam: Jika ditulis berulang maka nama dianggap dua suku kata. Mungkin akan menjadi masalah saat mau withdraw. Udah pernah coba withdraw? IMHO, ganti nama aja. Trus nama belakang kasih “,” (tanpa tanda petik). Artikel soal ini bisa dilihat di artikel sebelumnya. Tapi mohon cross check dengan pihak PayPal untuk informasi yang lebih jelas dan benar =)

    Cassanova: Silakan masukkan kartu kredit yang baru. Kemudian jadikan kartu kredit yang baru ini sebagai kartu utama pada akun PayPal, yang nantinya digunakan untuk pembayaran.

    Terima kasih…

  10. kakzam: Jika ditulis berulang maka nama dianggap dua suku kata. Mungkin akan menjadi masalah saat mau withdraw. Udah pernah coba withdraw? IMHO, ganti nama aja. Trus nama belakang kasih “,” (tanpa tanda petik). Artikel soal ini bisa dilihat di artikel sebelumnya. Tapi mohon cross check dengan pihak PayPal untuk informasi yang lebih jelas dan benar =)

    Cassanova: Silakan masukkan kartu kredit yang baru. Kemudian jadikan kartu kredit yang baru ini sebagai kartu utama pada akun PayPal, yang nantinya digunakan untuk pembayaran.

    Terima kasih…

  11. weh thx bgt informasinya mas. tapi saya bingung paypal knp gak mau terima rupiah kita y? emang rupiah kagak laku di dunia internetan? trus bisa bantu gak mas situs apa yang macam paypal tapi bisa terima rupiah jadi orang indonesia yang mau transfer pake kartu kredit antar rupiah kan lebih enak gak dipotong pajak.hehehe tolong balas di email saya ya mas..

  12. weh thx bgt informasinya mas. tapi saya bingung paypal knp gak mau terima rupiah kita y? emang rupiah kagak laku di dunia internetan? trus bisa bantu gak mas situs apa yang macam paypal tapi bisa terima rupiah jadi orang indonesia yang mau transfer pake kartu kredit antar rupiah kan lebih enak gak dipotong pajak.hehehe tolong balas di email saya ya mas..

  13. oh ya mas… kalo sudah ketemu jawabannya mungkin bisa diposting sekalian gimana caranya jadinya yang laen juga bisa ikutan ngerti… thank

  14. oh ya mas… kalo sudah ketemu jawabannya mungkin bisa diposting sekalian gimana caranya jadinya yang laen juga bisa ikutan ngerti… thank

  15. Mas… pengen tau nih…. pada Account Bank saya Nama yang tertera 1 kata aja berikut titel. Boleh ngga titel tersebut di daftar paypal dianggap nama belakang? Mohon bantuannya, trimz. Salam Sukses selalu….

  16. Mas… pengen tau nih…. pada Account Bank saya Nama yang tertera 1 kata aja berikut titel. Boleh ngga titel tersebut di daftar paypal dianggap nama belakang? Mohon bantuannya, trimz. Salam Sukses selalu….

  17. Wah kebetulan problem nya sama ama punya sigid di atas, kurang gelar! Jadi smp skrg belum bisa WD sendiri, mudah2an setelah ngikutin langkah2 di atas bisa yahh..

    Tapi kmrn aku buka rek. Mandiri dgn nama tanpa gelar biar sama ama Paypal, saya coba WD ternyata transaksinya di REVERSED. Setelah saya tanyakan ke pihak Paypal, koq katanya pihak bank kita yg nolak transfer dana dari Paypal. Jadi bukan Paypal nya.

    Koq aneh, apa Mandiri gak bisa nerima WD dari Paypal yah?! Kira2 apa yg kurang mas? Nama + code kliring udah bener tuhh..

  18. Wah kebetulan problem nya sama ama punya sigid di atas, kurang gelar! Jadi smp skrg belum bisa WD sendiri, mudah2an setelah ngikutin langkah2 di atas bisa yahh..

    Tapi kmrn aku buka rek. Mandiri dgn nama tanpa gelar biar sama ama Paypal, saya coba WD ternyata transaksinya di REVERSED. Setelah saya tanyakan ke pihak Paypal, koq katanya pihak bank kita yg nolak transfer dana dari Paypal. Jadi bukan Paypal nya.

    Koq aneh, apa Mandiri gak bisa nerima WD dari Paypal yah?! Kira2 apa yg kurang mas? Nama + code kliring udah bener tuhh..

  19. michael: Wa.. kalo itu aku juga gak ngerti. Itu dah masalah kebijakan internal aja ๐Ÿ˜‰

    Kiki: Kita boleh punya 2 akun PayPal dengan syarat satu personal dan satu premier/bisnis. Keduanya boleh aktif. Harusnya gak masalah karena masih sesuai dengan aturan PayPal ๐Ÿ™‚

    itjallcorleone: menurut saya, akun bank tsb dianggap punya nama belakang, walaupun sebenernya adalah title. Jadi title bisa dimasukin di nama belakang pada akun PayPal, agar nama pada PayPal sama persis dengan rekening bank. Namun sebaiknya kontak ke pihak PayPal untuk konfirmasi.

    shrine: Coba pastikan nama PayPal dan rekening sama persis. Moga berhasil =)

  20. michael: Wa.. kalo itu aku juga gak ngerti. Itu dah masalah kebijakan internal aja ๐Ÿ˜‰

    Kiki: Kita boleh punya 2 akun PayPal dengan syarat satu personal dan satu premier/bisnis. Keduanya boleh aktif. Harusnya gak masalah karena masih sesuai dengan aturan PayPal ๐Ÿ™‚

    itjallcorleone: menurut saya, akun bank tsb dianggap punya nama belakang, walaupun sebenernya adalah title. Jadi title bisa dimasukin di nama belakang pada akun PayPal, agar nama pada PayPal sama persis dengan rekening bank. Namun sebaiknya kontak ke pihak PayPal untuk konfirmasi.

    shrine: Coba pastikan nama PayPal dan rekening sama persis. Moga berhasil =)

  21. wah gw terlanjur salah nama cuma 1 huruf
    semestinya “sya” dan sesuai KTP tapi saat buat rekening dulu di BCA ditulis “Sa”
    saya ga masalahkan itu, ah beti alias beda tipis gapapalah,,,,
    jadi hampir semua account Bank pakai”Sa” tanpa “Y”….
    Pas buat account Paypal gw buat sewsuai KTP “Sya”….setelah punya accoutn dengan verified CC yang juga name nya “Sya”
    pas mo narik duit lewat bank dari paypal…nama ga boleh beda Paypal+Bank…
    liat cari di goolge solusinya sama diatas….

    Ribet juga…ah mendingan buat account baru di bank aja dengaan nama sesuai paypal….trus tambahkan data lagi di paypal….gitu aja koq repot

  22. wah gw terlanjur salah nama cuma 1 huruf
    semestinya “sya” dan sesuai KTP tapi saat buat rekening dulu di BCA ditulis “Sa”
    saya ga masalahkan itu, ah beti alias beda tipis gapapalah,,,,
    jadi hampir semua account Bank pakai”Sa” tanpa “Y”….
    Pas buat account Paypal gw buat sewsuai KTP “Sya”….setelah punya accoutn dengan verified CC yang juga name nya “Sya”
    pas mo narik duit lewat bank dari paypal…nama ga boleh beda Paypal+Bank…
    liat cari di goolge solusinya sama diatas….

    Ribet juga…ah mendingan buat account baru di bank aja dengaan nama sesuai paypal….trus tambahkan data lagi di paypal….gitu aja koq repot

  23. mas mw tanya klo kita ingin mengganti nama akun paypal primer tetapi akun paypal tersebut belum verified bisa ga mas??
    apa kita harus verified kan dulu akun paypal kita baru kita ganti nama akunnya??
    kira2 gimana y mas..
    minta saran donk
    thank’s

  24. mas mw tanya klo kita ingin mengganti nama akun paypal primer tetapi akun paypal tersebut belum verified bisa ga mas??
    apa kita harus verified kan dulu akun paypal kita baru kita ganti nama akunnya??
    kira2 gimana y mas..
    minta saran donk
    thank’s

  25. Mas, saya punya rekening di bank mandiri tanpa nama belakang. Bisa ga ya kalo di paypal saya ganti nama jadi “Yasin (nama depan) ta (nama belakang)”? atau ditambahin “Ms.” sebagai nama depan..? trims..

  26. Mas, saya punya rekening di bank mandiri tanpa nama belakang. Bisa ga ya kalo di paypal saya ganti nama jadi “Yasin (nama depan) ta (nama belakang)”? atau ditambahin “Ms.” sebagai nama depan..? trims..

  27. @Supriadi: sama” mas supri (waa sama deh panggilannya) =)

    @Wongndeso: sama” belajar mas ๐Ÿ™‚

    @wahyoe: silakan mengutip mas. tolong kasih backlink balik ya ๐Ÿ™‚

  28. bos sy mau tanya โ€ฆ.
    kok sy pas bikin paypal tepatnya saat nyambungin bank saya nama sy jadi berubah saat konfirmasi
    contoh:
    nama account saya di paypal kan โ€œbudi santosoโ€
    ehhh berubah saat mau konfirmasi nyambungin ke bank jadi โ€œsantoso budiโ€
    gimana nih bos apa emang begitu โ€ฆ..
    sy takut di potong 50 rb kl salah
    tlng jawab secepatnya ya bos
    terimakasih sebelumnyaโ€ฆ

  29. bos sy mau tanya โ€ฆ.
    kok sy pas bikin paypal tepatnya saat nyambungin bank saya nama sy jadi berubah saat konfirmasi
    contoh:
    nama account saya di paypal kan โ€œbudi santosoโ€
    ehhh berubah saat mau konfirmasi nyambungin ke bank jadi โ€œsantoso budiโ€
    gimana nih bos apa emang begitu โ€ฆ..
    sy takut di potong 50 rb kl salah
    tlng jawab secepatnya ya bos
    terimakasih sebelumnyaโ€ฆ

  30. sebelum konfirmasi benar
    ehhh tapi setelah di suruh konfirmasi lagi kok jadi terbalik ya???hmmmm
    bingung sy nih…
    padahal sat mendaftar begini:
    nama depan = saya isi
    nama tengah = tidak diisi
    nama belakang = saya isi
    apa gara2 seperti itu?
    apa salah naruh ya?harusnya yg diisi nama tengahnya kali ya?

  31. sebelum konfirmasi benar
    ehhh tapi setelah di suruh konfirmasi lagi kok jadi terbalik ya???hmmmm
    bingung sy nih…
    padahal sat mendaftar begini:
    nama depan = saya isi
    nama tengah = tidak diisi
    nama belakang = saya isi
    apa gara2 seperti itu?
    apa salah naruh ya?harusnya yg diisi nama tengahnya kali ya?

  32. kl memang yg diisi nama depan dan nama tengah, berarti salah waktu mendaftar.
    nah bagaimana kl account di paypal dihapus total dulu trus daftar lagi?kira2 bisa gak?kl bisa bagaimana caranya menghapus total account di paypal?trims….sebelumnya bos..

  33. kl memang yg diisi nama depan dan nama tengah, berarti salah waktu mendaftar.
    nah bagaimana kl account di paypal dihapus total dulu trus daftar lagi?kira2 bisa gak?kl bisa bagaimana caranya menghapus total account di paypal?trims….sebelumnya bos..

  34. mas makasih yah buat infonya bagus banget…eh tapi aku mau tanya neh,gimana sih cara ngehapus account paypal soalnya saya terlalu repot kalo cuma ganti nama and pengen buat yang baru aja?
    trus kalo mau ngerubah bahasanya dari indonesia kem inggris gimana yah?
    tolongin yah mas please bingung neh,yang lengkap yah,nakasih banyak sebelumnya.

  35. mas makasih yah buat infonya bagus banget…eh tapi aku mau tanya neh,gimana sih cara ngehapus account paypal soalnya saya terlalu repot kalo cuma ganti nama and pengen buat yang baru aja?
    trus kalo mau ngerubah bahasanya dari indonesia kem inggris gimana yah?
    tolongin yah mas please bingung neh,yang lengkap yah,nakasih banyak sebelumnya.

  36. di KTP saya NAma belakang saya di singkat menjadi V sedangkan di bank nama saya di perjelas jadi viarmitha

    ganti ka kalo gitu
    makasih

  37. di KTP saya NAma belakang saya di singkat menjadi V sedangkan di bank nama saya di perjelas jadi viarmitha

    ganti ka kalo gitu
    makasih

  38. Maaf Mas ini agak mnyimpang,
    saya ingin buat email, tapi nama saya jg cuma 1 kata..
    utk last name gmn? Karena saya jg prnh denger katanya, bs d’isi fist name,
    nah, yg bnr
    d’isi koma atau d’isi fist name..??
    Saya pengen bkin email yang benar2 valid mas,
    mohon bntuanya mas..
    kl bisa tolong d’kirim k’email saya y mas..
    Thanx’s bgt..

  39. Maaf Mas ini agak mnyimpang,
    saya ingin buat email, tapi nama saya jg cuma 1 kata..
    utk last name gmn? Karena saya jg prnh denger katanya, bs d’isi fist name,
    nah, yg bnr
    d’isi koma atau d’isi fist name..??
    Saya pengen bkin email yang benar2 valid mas,
    mohon bntuanya mas..
    kl bisa tolong d’kirim k’email saya y mas..
    Thanx’s bgt..

  40. @fuze: Untuk keperluan withdraw, nama pada PayPal harus sama dengan nama pada bank untuk menerima withdraw ๐Ÿ™‚

    @Cris: kalo membuat email saya tidak tahu mas. Maaf ๐Ÿ™‚

    @koin: semoga berhasil

    Terima kasih

  41. @fuze: Untuk keperluan withdraw, nama pada PayPal harus sama dengan nama pada bank untuk menerima withdraw ๐Ÿ™‚

    @Cris: kalo membuat email saya tidak tahu mas. Maaf ๐Ÿ™‚

    @koin: semoga berhasil

    Terima kasih

  42. Nimbrung ya mas, gara2 salah nama sy buka akun paypall sampai 4 biji!!! dg k kredit dan k debit berbeda. maunya sih dua aja, satu debit satu k kredit, krn tujuannya mo buat tarik dana dr k kredit ke paypall trus buat bayar ke ke paypall dg akun k debit kmdn withdraw,(apkh ini sah ya?) trus kl mo nutup akun paypall yg salah nama tadi apa kmdn nanti k kreditnya bisa dipake buat akun paypall yang baru?
    dmkn mas, mhn solusi

  43. Nimbrung ya mas, gara2 salah nama sy buka akun paypall sampai 4 biji!!! dg k kredit dan k debit berbeda. maunya sih dua aja, satu debit satu k kredit, krn tujuannya mo buat tarik dana dr k kredit ke paypall trus buat bayar ke ke paypall dg akun k debit kmdn withdraw,(apkh ini sah ya?) trus kl mo nutup akun paypall yg salah nama tadi apa kmdn nanti k kreditnya bisa dipake buat akun paypall yang baru?
    dmkn mas, mhn solusi

  44. @Heri: Kita bisa memiliki dua akun PayPal dengan catatan satu akun personal dan satu lagi premier atau bisnis. Setelah ditutup, kartu kredit yang digunakan harusnya tidak masalah jika ditambahkan ke akun yang baru. Terima kasih.

  45. @Heri: Kita bisa memiliki dua akun PayPal dengan catatan satu akun personal dan satu lagi premier atau bisnis. Setelah ditutup, kartu kredit yang digunakan harusnya tidak masalah jika ditambahkan ke akun yang baru. Terima kasih.

  46. dear mas, saya sudah mengikuti petunjuk disini untuk change name, 2 hari yll, maklum namaku satu suku kata, nah aku tunggu2x koq blm ada konfirmasi cuma ada email dengan subject begini : Rubiyanto, Welcome to your new PayPal account. ini dari email : PayPal [paypal3[at]info.paypal.com]
    Apakah ini berarti bahwa permintaan perubahan nama saya dari Rubiyanto Rubiyanto sudah di setujui mereka? waktu itu upload document sudah (KTP). saya masih ragu mau verify ke BCA saya takut kena charge 50rb kalau tdk akur namanya… hehe, maklum 50rb bisa dpt 2 domain .id boss.. hihi..
    mohon pencerahan.. terimakasih.
    (atau kalau ada contoh, seperti apa surat konfirmasi dari paypal untuk name change tsb bos?).tq

  47. dear mas, saya sudah mengikuti petunjuk disini untuk change name, 2 hari yll, maklum namaku satu suku kata, nah aku tunggu2x koq blm ada konfirmasi cuma ada email dengan subject begini : Rubiyanto, Welcome to your new PayPal account. ini dari email : PayPal [paypal3[at]info.paypal.com]
    Apakah ini berarti bahwa permintaan perubahan nama saya dari Rubiyanto Rubiyanto sudah di setujui mereka? waktu itu upload document sudah (KTP). saya masih ragu mau verify ke BCA saya takut kena charge 50rb kalau tdk akur namanya… hehe, maklum 50rb bisa dpt 2 domain .id boss.. hihi..
    mohon pencerahan.. terimakasih.
    (atau kalau ada contoh, seperti apa surat konfirmasi dari paypal untuk name change tsb bos?).tq

  48. Halo masRub, bisa dilihat di akun PayPal mas. Harusnya tercatat nama bukan Rubiyanto Rubiyanto tapi hanya Rubiyanto. Bisa juga dilihat saat menambahkan bank lokal; harusnya hanya ada nama Rubiyanto. Terima kasih dan semoga berhasil =)

  49. Halo masRub, bisa dilihat di akun PayPal mas. Harusnya tercatat nama bukan Rubiyanto Rubiyanto tapi hanya Rubiyanto. Bisa juga dilihat saat menambahkan bank lokal; harusnya hanya ada nama Rubiyanto. Terima kasih dan semoga berhasil =)

  50. mas tolong bantu saya dong ganti nama kenapa gambar petunjuknya tidak sama seperti yang dikomputer. saya jadi bingung nama saya seharusnya noklili tp di paypal jadi nok noklili .gma nich bissa ga

  51. mas…..mau tanya,klo nama di ktp dengan di paypal tidak sama apa bisa buat daftar verifikasi paypal,.
    mkasih atas saran nya.
    tlg bls di email saya,.

  52. Taerimakasih atas informasinya, saya sedang coba untuk ubah nama sesuai dengan petunjuk ini,..semoga saja berhasil,. ๐Ÿ™‚

  53. Gini Mas, saya mau nanya
    Kata teman saya besar kecilnya huruf baik pada penulisan nama ataupun alamat dapat menjadi masalah pada saat WD.
    Padahal akun paypal yg q punyai penulisannya g pakai huruf kapital secara keseluruhan, misal : Miono Satrulumowo, Jl Blablabla.
    Nah padahal di rekening saya pakai huruf balok semua kayak gini : MIONO SATRULUMOWO, JL BLABLABLA.

    Yg kayak gitu bnr2 jadi masalah apa g?

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*